Pages

Powered by Blogger.

Popular Posts

Tuesday 1 October 2013

Pakaian Kebaya merupakan ciri khas para wanita Indonesia. Perkembangan model serta bahan pun semakin inovatif sehingga menghasilkan model kebaya yang sangat bervariasi. Banyak kebaya dibuat dengan kain-kain mahal, aksesoris dan payet-payet mewah. Namun pakaian kebaya yang indah dan ewah tersebut tentu juga memerlukan perawatan extra dan khusus. Merawat serta mencuci pakaian kebaya dengan banyak aksesoris yang menempel seperti payet  tidaklah gampang, karena payet-payet dalam kebaya akan mudah rusak dan rapuh. berikut ini adalah tips tentang cara mencuci pakaian kebaya berpayet yang baik:


1.  Jika kebaya anda tidak terlalu kotor dan bau atau hanya pemakaian sekali sebaiknya kebaya tidak perlu dicuci. Kebaya tidak perlu dicuci. Anda cukup menggantungnya dengan hanger lalu di angin-anginkan.
2.  Setelah pemakaian hingga 3-5 kali, sebaiknya anda melakukan dry clean, patut di perhatikan. Jangan pernah mencuci kebaya anda menggunakan mesin cuci, hal tersebut dikarenakan putaran pada mesin cuci menyebabkan aplikasi payet pada kebaya rusak. Selain itu tentu akan merusak serat broklat atau kain kebaya itu sendiri.
3.  Pilih deterjen pakaian yang bebas pemutih pakaian. Sangat disarankan menggunakan shampoo saja untuk pengganti detergen. Selain aman, kebaya juga akan lebih lembut.
4.  Setelah dicuci, remas-remas sebentar kebaya anda tetapi jangan di peras cukup diremas saja.
5.  Jika kebaya anda dari bahan lace atau tulle jangan pernah menjemurnya, dengan cara menggantung. Apalagi kebaya anda penuh dengan aplikasi payet. Menggantungnya akan dapat merubah garis kebaya dan konstruksi.
6.  Kebaya tidak perlu disetrika, jika kebaya kusut anda hanya perlu menggantung saja agar tekstur bahan menjadi lemas dan tidak berubah bentuk.
7.  Kemudian lipatlah dengan rapi, lalu simpan kebaya dalam sebuah tempat khusus yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebaiknya setiap 2 minggu sekali keluarkan kebaya anda untuk diangin-anginkan agar tetap awet dan terawat. Jangan lupa gantung kapur barus untuk menghindari jamur bersarang di kebaya anda dan menjaga kebaya anda agar tidak apek.

0 comments:

Post a Comment