Pages

Powered by Blogger.

Popular Posts

Thursday 17 October 2013

·     Fungsi Serat pada Makanan

Di dalam serat pada makanan biasanya mengandung karbohidrat yang bersifat resistan. Karbohidrat tersebut nantinya dapat bertahan membantu penyerapan makanan di usus halus dan juga proses pencernaan yang kemudian difermentasi baik sebagian atau seluruhnya di dalam usus besar. Sebenarnya makanan berserat tidak mengandung nilai gizi karena tubuh kita tidak mampu menyerapnya. Namun mengingat fungsi utama dari serat ialah dapat memperlancar pencernaan dalam usus, maka makanan dengan kandungan serat yang tinggi sangat baik untuk tubuh kita.

·     Lalu, Apa Saja Jenis Serat pada Makanan?
Serat terbagi menjadi dua jenis, jenis yang pertama adalah Soluble Fiber yaitu serat yang terlarut dalam air, dan yang kedua adalah Insoluble Fiber yaitu serat yang tak dapat larut. Serat yang larut di dalam air sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet atau melangsingkan tubuh. Serat yang larut air jika dikonsumsi akan membentuk gel di dalam lambung sehingga kita akan merasa sudah kenyang. Serat yang larut air diantaranya brokoli, wortel, oatmeal, buah berry, apel, pisang, atau buah pir.

Jenis serat pada makanan yang kedua ialah Insoluble Fiber atau serat yang tidak larut. Jenis serat ini berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan kita dari makanan yang telah kita konsumsi. Serat tersebut akan terbawa hingga melewati saluran pencernaan sampai ke usus besar. Sehingga serat ini sangat baik untuk memperlancar buang air besar. Makanan berserat yang tidak larut banyak terdapat di berbagai macam makanan. Contohnya biji-bijian, sayur-sayuran hijau, gandum utuh, alpukat, tomat, ataupun buah kiwi.

0 comments:

Post a Comment