Pages

Powered by Blogger.

Popular Posts

Monday 9 September 2013


Sayur Asem

Sayuran merupakan bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. cara membuat sayur asem merupakan salah satu menu sayuran yang banyak digemari. Menu ini memiliki rasa yang segar dan nikmat, dengan proses pembuatan yang relatif sederhana. Meskipun terbilang mudah, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan dan pemasakan menu ini.

Sayuran yang digunakan untuk menu ini, sebaiknya adalah sayuran segar yang baik secara kualitas. Untuk menjaga nilai gizi pada sayuran, sebaiknya sayuran dicuci bersih terlebih dahulu, sebelum dipotong-potong untuk dimasak. Sayuran lebih banyak mengandung vitamin/mineral larut air yang dapat hilang jika dicuci setelah dipotong-potong. Dalam pemasakan sayuran, air atau kuah rebusan juga tidak boleh diganti, karena sebagian vitamin larut air pada proses perebusan tertinggal pada kuah tersebut. Untuk menjaga rasa dan tekstur yang sesuai, sayuran harus direbus sesuai tingkatan teksturnya. Sayuran yang lebih keras, seperti jagung, labu siam, kacang tanah, dan kacang panjang, harus direbus terlebih dahulu. Setelah itu, barulah sayuran yang lebih lunak, seperti daun melinjo dan terung. Selain karena kurang matang dan tidak nikmat dimakan, pemasakan sayuran yang terlalu keras kurang baik untuk pencernaan. Sedangkan sayuran yang lembek atau terlalu matang, cenderung kehilangan lebih banyak zat gizi dan mengurangi kenikmatan teksturnya. Pemberian jumlah buah asam pada sayuran ini juga perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan air atau kuahnya. Penambahan sedikit gula dapat dilakukan jika rasanya terlalu asam.
Sayur asam memang salah satu menu yang relatif mudah dimasak. Namun, memperhatikan proses pemasakan yang benar, akan semakin meningkatkan cita rasa dan manfaat konsumsi sayuran segar ini. 

0 comments:

Post a Comment