Pages

Powered by Blogger.

Popular Posts

Monday 16 September 2013

Di dalam sebuah keluarga, orang tua memiliki peran penting akan pendidikan yang diberikan ke anak. Dengan perannya tersebut, orang tua wajib memberikan contoh yang baik dan memberikan pengetahuan mana yang baik dan mana buruk kepada anak-anaknya atau anggota keluarga lainnya. Peran keluarga dari orang tua ini sangat berpengaruh besar akan pribadi anak kedepannya nanti di dalam lingkungan keluarga hingga di lingkungan luar yang lebih luas.
Untuk dapat memberikan pendidikan tersebut, Anda sebagai orang tua terlebih dahulu juga harus mengerti apa saja fungsi dan peran Anda sebagai orang tua.

Fungsi Religius
Sebagai orang tua, Anda wajib untuk memberikan pendidikan agama kepada anak-anak atau anggota keluaga lainnya. Dengan memberikan pendidikan agama kepada anak-anak dan anggota keluarga lainnya, diharapkan anak-anak dan anggota keluarga lainnya dapat menjadi individu yang selalu beragama. Agar Anda dapat menerapkan pendidikan religius ini, Anda sebagai orang tua terlebih dahulu harus menciptakan suasana religius di dalam keluarga yang nantinya secara perlahan akan dicontoh oleh anggota keluarga lainnya.

Fungsi Sosialisasi
Sebagai orang tua, Anda juga wajib untuk menciptakan pribadi yang kelak dapat diterima di masyarakat luas. Untuk memberikan pendidikan sosialisasi ini, Anda sebagai orang tua harus menjadi penghubung anak dengan kehidupan sosial dan norma-norma sosial.

Fungsi Ekonomis
Fungsi ekonomis ini memberikan pendidikan kepada anak untuk memberikan pengertian akan ekonomi keluarga dengan mengajarkan untuk membiasakan anak untuk menghargai uang dan berusaha untuk mencari kerja sendiri pada waktunya.

Selain orang tua, dalam hal ini peran keluarga juga sangat berpengaruh besar akan pendidikan-pendidikan yang diberikan di dalam sebuah keluarga. Dengan selalu menanamkan fungsi-fungsi tersebut kepada anak dan menjalankan peran Anda sebagai orang tua, akan memberikan dampak yang positif bagi anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

0 comments:

Post a Comment